Senin, 17 Desember 2012

Cara Memperbaiki Aki Kering Rusak Parah


Aki Kering
AKI Kering
Diera tahun 2012 ini semua lebih menonjolkan kemudahan dan keramahan lingkungan.Seperti kita tahu yang dulunya karburator biasa saja sekarang ditambah teknologi AIS,KAIS,dan ada selang emisi gas buang untuk menurunkan kandungan gas buang yang keluar,dan yang terakhir injeksi.

Seperti AKI yang dulu hanya AKI basah(dengan perawatan)sekarang tersedia AKI kering(Bebas Perawatan).Pernahkah kamu menjumpai AKI basah yang dijual bekas dan masih bisa dipakai?Pasti pernah bukan,sebenarnya sama halnya dengan AKI basah rusak diterminal (-)/negatif.Kalau menurut sang penjual aki bekas memang terminal (-)nya lebih mudah rusak daripada terminal positifnya.

AKI kering memang banyak keunggulan selain bebas perawatan dan mudah diprediksi untuk masa pakainya sekitar 1-1,5 tahun saja dan AKI akan melemah dengan sendirinya.Tapi ada juga yang rusak sebelum masa pakainya berakhir.Biasanya gejala yang terjadi seperti di AKI Honda Beat yang rusak memang mesin masih bisa distarter tapi jika tuas rem depan dan ditarik tidak kuat distarter dan malah terkesan seperti ada yang konslet karena setelah ditarik tuas rem dan menyala lampu remnya tegangan AKI seperti turun dan tidak kuta lagi untuk distarter.

Jeroan AKI
Jeroan AKI
Bagaimana cara memperbaikinya?Dalam AKI kering pun ada air khusus untuk bisa bertahan lama di dalam nya.Bisa dikatakan kondisinya saat itu sedang kehabisn air .Dibadan AKI pun tertera tidak bloh menambah cairan AKI,kemudian saya coba membuka tutup nya dan saya isi dengan air AKI biasa .Dan hasilnya memuaskan AKI berjalan normal seperti sediakala.

Tapi perlu diingat jika kamu ingin melakukan hal yang sama diatas gunakan sarung tangan atau jaga jarak saat penambahan air,sekedar untuk keselamatan kerja saja.Dan jangan mengisi terlalu banyak.Semoga bermanfaat.
Menambah air AKI kering
Menambah AIR aki